Sosialisasi Pencegahan Pungli Zona III Kec.Menyuke, Kec.Banyuke Hulu dan Kec.Meranti (Darit, 16 Mei 2017

Tim Saber Pungli Sosialisasikan Pencegahan Tindakan di Zona III

Asisten III Administrasi Umum Setda Landak,  Bernadus mewakili Pj. Bupati Landak mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan publik di lingkungan Pemda Landak yang adil, jujur dan bersih. "Pungli adalah pungutan liar pengenaan biaya atau pungutan di tempat atau kegiatan yang seharusnya tidak dikenakan biaya," tegasnya.

Peserta sosialisasi pencegahan pungli tediri dari Camat, Kepala Desa, BPD, Kepala Sekolah, Team dari Puskesmas, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Se-kecamatan Manyuke, Manyuke Hulu dan Merangi. Sedangkan narasumbernya adalah Ketua Satgas Saber Pungli, Asisten III, Kepala Bagian Inspektorat dan Perwakilan Pengadilan Negeri kabupaten Landak.

Ketua Tim Saber Pungli Landak  Kompol Damianus D. Susanto dalam paparannya menyampaikan pemahaman kepada peserta untuk tidak memungut biaya lebih dari ketentuan  pada pelayanan publik karena itu merupakan tindakan pungli.  "Pungli itu sederhananya adalah memungut biaya pada  pelayanan publik lebih dari ketentuan hukum dan juga lebih dari apa yang sudah ditetapkan dalam musyawarah," tegas Damianus yang juga Waka Polres Landak ini.

Setelah penyampaian paparan dan sosialisasi pencegahan pungli ini, Ketua Satgas menghimbau pegawai dan masyarakat taat pada ketentuan hukum untuk menjaga nama baik pemerintahan Landak
"Jangan ada yang melakuka pungli. Mari kita jaga nama baik pemerintahan kabupaten Landak, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa," himbau Damianus.

Damianus juga menghimbau kepada peserta untuk tetap menjaga keamanan terkait isu-isu sosial yang sedang berkembang di Kalimantan Barat. "Saya harap Camat, kepala Desa, tokoh adat, tokoh masyarakat dan semua yang hadir disini mari kita menghimbau keluarga kita, masyarakat untuk tidak terprovokasi