PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI DI LINGKUNGAN KABUPATEN LANDAK

 Inspektur Kabupaten Landak, Asep Yusuf menerangkan, dari 45 SKPD di lingkungan Pemkab Landak tahun 2016 , baru ada 16 SKPD yang telah menyampaikan laporan lembar kerja evaluasi. Untuk itu seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Landak dapat membangun Zona Integritas (ZI). Untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM)," ujar Asep saat memberikan arahan dalam kegiatan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dilingkungan Pemkab Landak di aula Kantor Bupati Landak pada Senin (28/11/2016).

Kegiatan yang digelar oleh Inspektorat Landak tersebut diikuti oleh sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Landak beserta Sekretaris, Kabag TU dan Kasubbag TU. Hadir sebagai narasumber, Kementerian PAN dan RB RI.Dikatakannya lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak telah melaksanakan pembangunan ZI dengan membangun dua SKPD sebagai pilot project. Kedua SKPD tersebut yakni Disdukcapil dan KPPTSP.Untuk KPPTSP Landak sendiri, sampai saat ini sedang dalam proses pembangunan ZI. Pembentukan itu tentunya sebagai implementasi dari amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB).

Tentang pedoman pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dilingkungan instansi Pemerintah, dibentuk tim penilai internal pembangunan ZI menuju WBK/WBBM dilingkungan Pemkab Landak. "Dibentuknya tim ini berdasarkan keputusan Bupati Landak No 700/48/HK-2016. Tim penilai internal ini bertugas melakukan identifikasi terhadap unit kerja yang berpotensi sebagai unit kerja berpredikat menuju WBK/WBBM," jelasnya. Asep menambahkan, hasil penilaian tim penilai internal itu disampaikan kepada Bupati Landak dan akan ditetapkan sebagai WBK/WBBM. "Selanjutnya diusulkan ke Kemenpan dan RB, untuk dinilai kembali oleh tim penilai nasional yang terdiri dari unsur Kemenpan dan RB, KPK RI dan Ombudsman RI," paparnya

Sementara itu Pj Bupati Landak Jakius Sinyor menerangkan, ada beberapa tahap dalam pembagunan ZI. Dimana yang pertama pencanangan pembangunan ZI adalah Pemkab Landak telah menandatangani piagam pencanangan pembangunan ZI."Yakni pada 14 April 2015 lalu di Kantor Gubernur Kalbar, dan disaksikan oleh Menteri PAN dan RB. Tahapan selanjutnya yakni proses pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, membangun komponen pengungkit dan komponen hasil," bebernya. Kemudian tahap penilaian dan penetapan WBK/WBBM, serta pembinaan dan pengawasan. Sehingga dirinya mengajak jajaran SKPD dilingkungan Pemkab Landak untuk bersama-sama melaksanakan percepatan reformasi birokrasi dengan membangun ZI menuju WBK/WBBM. "Sebagai aplikasinya adalah dengan mengalokasikan anggaran kegiatan pembangunan ZI pada program reformasi birokrasi disetiap SKPD atau unit kerja. Kemudian melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan untuk pembangunan ZI menuju WBK/WBBM," harapnya.